Strategi Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Nizal Al Mulk (NAM) Islamic Boarding School Batam
Abstract
Strategi komunikasi menjadi penting dalam berbagai aspek kehidupan,
khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebab keberhasilan pembelajaran cukup
signifikan ditentukan terhadap bagaimana menenentukan strategi pembelajaran itu
sendiri. Pondok Pesantren (Ponpes) Nizam Al Mulk (NAM) Islamic Boarding School
Nongsa, Batam termasuk salah satu Ponpes yang sangat serius dalam menyiapkan
generasi islami yang memiliki kemampuan dan kecakapan dalam berbahasa asing,
khususnya bahasa Arab.Dalam pembelajaran bahasa Arab, NAM Islamic Boarding
School Nongsa, Batam menerapkan berbagai strategi komunukasi yang efektif. Di
antaranya membangun kesadaran para santri pentingnya menguasai bahasa Arab
sebagai bahasa internasional sebagai upaya menguasai ilmu pengetahuan.
Olehnya itu, diterapkan berbagai strategi komunikasi guna memudahkan
mempelajari bahasa arab, seperti strategi memiliki guru sebagai komunikator, strategi
pengemasan pesan, serta strategi memilih model dan metode pembelajaran. Penulisan
jurnal ilmiah ini, lebih melakukan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi,
wawancara, serta dokumentasi di lingkungan Ponpes NAM Islamic Boarding School
Nongsa Batam. Penelitian dilakukan guna menganalisis strategi pembelajaran bahasa
Arab di Ponpes NAM Islamic Boarding School Nongsa, Batam. Selain itu, penelitian
juga mampu memotret hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Arab
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



