Strategi Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Nizal Al Mulk (NAM) Islamic Boarding School Batam

Authors

  • ArifuddinJalil, STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Strategi komunikasi menjadi penting dalam berbagai aspek kehidupan,

khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebab keberhasilan pembelajaran cukup

signifikan ditentukan terhadap bagaimana menenentukan strategi pembelajaran itu

sendiri. Pondok Pesantren (Ponpes) Nizam Al Mulk (NAM) Islamic Boarding School

Nongsa, Batam termasuk salah satu Ponpes yang sangat serius dalam menyiapkan

generasi islami yang memiliki kemampuan dan kecakapan dalam berbahasa asing,

khususnya bahasa Arab.Dalam pembelajaran bahasa Arab, NAM Islamic Boarding

School Nongsa, Batam menerapkan berbagai strategi komunukasi yang efektif. Di

antaranya membangun kesadaran para santri pentingnya menguasai bahasa Arab

sebagai bahasa internasional sebagai upaya menguasai ilmu pengetahuan.

Olehnya itu, diterapkan berbagai strategi komunikasi guna memudahkan

mempelajari bahasa arab, seperti strategi memiliki guru sebagai komunikator, strategi

pengemasan pesan, serta strategi memilih model dan metode pembelajaran. Penulisan

jurnal ilmiah ini, lebih melakukan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi,

wawancara, serta dokumentasi di lingkungan Ponpes NAM Islamic Boarding School

Nongsa Batam. Penelitian dilakukan guna menganalisis strategi pembelajaran bahasa

Arab di Ponpes NAM Islamic Boarding School Nongsa, Batam. Selain itu, penelitian

juga mampu memotret hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Arab

Downloads

Published

2025-05-16