STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADAANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

Authors

  • ArifuddinJalil, Arifuddin jalil STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Komunikasi efektif adalah impian semua insan, termasuk kalangan guru. Sebab hal tersebut

sangat menentukankeberhasilan seorang pendidikdalam membimbing peserta didik. Olehnya

itu, komunikasi efektif melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK)

merupakanstrategi pembelajaran yang dapat disampaikan secara interaktif dan simulatif

sehingga memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif, kreatif, daninovatif. Tujuannya

adalah menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan yang mampu

mencerdaskan anak didik. Apalagi kini telah berada pada era kebangkitan teknologi.

Pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut seakan tidak lagi membatasi soal

ruang dan waktu, termasuk usia. Kemajuan teknologi telah mendorong semua kalangan untuk

selalu akrab dengan media berbasis TIK tersebut. Sejak dini, anak-anak sudah mulai akrab

dengan fasilitas komunikasi yang bernama telepon genggam atau smartphone. Olehnya itu,

dunia pendidikanpun terus berbenah dalam memberikan model pembelajaran yang efektif.

Dalam berbagai jurnal ilmiah, sejumlah peneliti berlomba melakukan riset atas kemajuan

teknologi tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan

kualitatif dengan menelusuri sejumlah literatur jurnal ilmiah yang memaparkan penggunaan

TIK sebagai media pembelajaran pada anak usia dini.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Pembelajaran TIK

Downloads

Published

2025-05-16