STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADAANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
Abstract
Komunikasi efektif adalah impian semua insan, termasuk kalangan guru. Sebab hal tersebut
sangat menentukankeberhasilan seorang pendidikdalam membimbing peserta didik. Olehnya
itu, komunikasi efektif melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK)
merupakanstrategi pembelajaran yang dapat disampaikan secara interaktif dan simulatif
sehingga memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif, kreatif, daninovatif. Tujuannya
adalah menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan yang mampu
mencerdaskan anak didik. Apalagi kini telah berada pada era kebangkitan teknologi.
Pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut seakan tidak lagi membatasi soal
ruang dan waktu, termasuk usia. Kemajuan teknologi telah mendorong semua kalangan untuk
selalu akrab dengan media berbasis TIK tersebut. Sejak dini, anak-anak sudah mulai akrab
dengan fasilitas komunikasi yang bernama telepon genggam atau smartphone. Olehnya itu,
dunia pendidikanpun terus berbenah dalam memberikan model pembelajaran yang efektif.
Dalam berbagai jurnal ilmiah, sejumlah peneliti berlomba melakukan riset atas kemajuan
teknologi tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan
kualitatif dengan menelusuri sejumlah literatur jurnal ilmiah yang memaparkan penggunaan
TIK sebagai media pembelajaran pada anak usia dini.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Pembelajaran TIK
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



