Strategi Komunikasi Efektif DalamPembelajaranBerbasis TIK Pada Anak Usia Dini Sebagai UpayaMeningkatkan Minat Belajar
Abstract
Komunikasi efektif adalah impian semua insan, termasuk kalangan guru. Sebabhal tersebut sangat menentukankeberhasilan seorang pendidikdalammembimbingpeserta didik. Olehnya itu, komunikasi efektif melalui pembelajaran berbasisteknologi informasi komunikasi (TIK) merupakanstrategi pembelajaranyangdapat disampaikan secara interaktif dan simulatif sehingga memungkinkansiswadapat belajar secara aktif, kreatif, daninovatif. Tujuannya adalah menghasilkanpembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan yang mampu mencerdaskananak didik. Apalagi kini telah berada pada era kebangkitan teknologi. Pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut seakan tidaklagi
membatasi soal ruang dan waktu, termasuk usia. Kemajuan teknologi telahmendorong semua kalangan untuk selalu akrab dengan media berbasis TIKtersebut. Sejak dini, anak-anak sudah mulai akrab dengan fasilitas komunikasi
yang bernama telepon genggam atau smartphone. Olehnya itu, duniapendidikanpun terus berbenah dalam memberikan model pembelajaranyangefektif. Dalam berbagai jurnal ilmiah, sejumlah peneliti berlomba melakukanriset
atas kemajuan teknologi tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakanmetode kualitatif. Pendekatan kualitatif dengan menelusuri sejumlah literaturjurnal ilmiah yang memaparkan penggunaan TIK sebagai media pembelajaranpada anak usia dini. Kata Kunci: Strategi,Komunikasi, Pembelajaran TIK
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



