Manajemen Program Literasi Dalam Meningkatkan Kualitas GuruDi TkBintang 33 Ujung Batu
Abstract
h salah satunya kemampuan literasi guru yang sangat penting untuk ditingkatkan. Penelitianbertujuan untuk mengetahui manajemen program literasi dalam meningkatkan kualitas guru di TKBintang 33 Ujung Batu. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnikpengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian terdiri dari 1orangketua yayasan, kepala sekolah dan 2 orang guru. Tekhnik analisis data menggunakammodel analisisMilles and Huberman, menggunakan tiga langkah analisis: reduksi data, display data dan pengambilankeputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program literasi dalam meningkatkan kualitasguru di TK Bintang 33 Ujung Batu Guru dengan langkah-langkah: 1) Tahap perencanaan; merencanakanprogram literasi, 2)Tahap pengorganisasian; membentuk kerjasama dengan lenggok media, 3)Tahappelaksanaan; membuat karya tulis, 4)Tahap evaluasi; ketua yayasan melakukan penilaian dan perbaikanterhadap hasil karya tulis kepala sekolah dan guru. Kata Kunci: Manajemen, Literasi, Guru, Kualitas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



