ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PEMEROLEHAN BAHASA DALAM IMPLIKASI PEDAGOGIS
Abstract
Kajian ini menguraikan beberapa faktor yang mempenaruhi pemerolehan bahasa
kedua (SLA). Hal tersebut perlu diselidiki bagaimana dampaknya terhadap pedagogis
atau kemampuan prakek pembelajaran. Di samping itu, banyak peneliti SLA yang
mendiskusikan perihal ini dan membawa partisipan ke dalam penelitian mereka.
Rancangan penulisan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan mengacu
pada jenis penelitian kepustakaan, mengkaji beberapa jurnal tentang pemerolehan
bahasa. Hasil penelitian menunjukkan implikasi pedagogi memerlukan landasan utama
yang berpijak pada kemampuan pembelajaran bahasa yang efektif di kelas. Pentingnya
pemahaman pemerolehan bahasa kedua dilihat dari beberapa faktor, antara lain faktor
kendala usia, faktor lingkungan bahasa, faktor metodologi pengajaran, dan faktor
motivasi peserta didik. Faktor-faktor tersebut diharapkan dapat memberikan dampak
positif bagi para guru, khususnya untuk kembali menerapkan pembelajaran bahasa
kedua dengan memperhatikan faktor tersebut agar lebih ideal diterapkan di kelas.
Kata Kunci
: Pembelajaran Pemerolehan bahasa kedua, Implikasi pedagogi,
Faktor pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



