IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENINGKATKANKUALITASMEMBACA AL-QUR’AN DI SMP NAMIRA KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Upaya meningkatkan mutu membaca Siswa SMP Kelas Ummi Al- Quran dengan memakai
tata cara ummi di SMP Namira Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2021/ 2022. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang bertujuan guna tingkatkan terampil membaca Siswa SMP Namira KotaProbolinggo kelas Ummi Al- Quran dengan tata cara ummi. Subjek penelitian ini merupakansiswakelas VII SMP Namira Kota Probolinggo sebanyak 15 partisipan didik. Perlengkapan pengumpul
informasi yang digunakan berbentuk lembar observasi serta uji objektif munaqasyah, bersumber padahasil observasi pada tindakan siklus I serta siklus II ada kenaikan mutu membaca siswa. Secarauniversal diperoleh 50% siswa disiklus I serta 80% disiklus II. Kenaikan mutu membaca ini terjadi
dikarenakan siswa bersemangat menjajaki tahapan pengarahan guru, Berikutnya didapatkanpadakenaikan hasil belajar yang nampak pada kriteria indeks gain masing- masing siswa ialah 7siswabelum standart serta 8 siswa besar disiklus I, 12 peserta didik besar disiklus II, 3 peserta didikmenggapai standart.
Kata Kunci: Metode Ummi, Membaca Al-Quran, SMP Namira
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



