STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARABDI NIZAMAL MULK (NAM) ISLAMIC BOARDING SCHOOL NONGSA, BATAM

Authors

  • Arifuddin jalil Mardi fitri STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Strategi komunikasi menjadi penting dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebab keberhasilan pembelajarancukupsignifikan ditentukan terhadap bagaimana menenentukan strategi pembelajaranitusendiri. Pondok Pesantren (Ponpes) Nizam Al Mulk (NAM) Islamic BoardingSchool
Nongsa, Batam termasuk salah satu Ponpes yang sangat serius dalammenyiapkangenerasi islami yang memiliki kemampuan dan kecakapan dalamberbahasa asing, khususnya bahasa Arab.Dalam pembelajaran bahasa Arab, NAMIslamic BoardingSchool Nongsa, Batam menerapkan berbagai strategi komunukasi yang efektif. Di
antaranya membangun kesadaran para santri pentingnya menguasai bahasa Arabsebagai bahasa internasional sebagai upaya menguasai ilmu pengetahuan. Olehnyaitu, diterapkan berbagai strategi komunikasi guna memudahkan mempelajari bahasaarab, seperti strategi memiliki guru sebagai komunikator, strategi pengemasan pesan, sertastrategi memilih model dan metode pembelajaran.Penulisan jurnal ilmiah ini, lebihmelakukan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, sertadokumentasi di lingkungan Ponpes NAM Islamic Boarding School Nongsa Batam. Penelitian dilakukan guna menganalisisstrategi pembelajaran bahasa Arab di PonpesNAM Islamic Boarding School Nongsa, Batam. Selain itu, penelitian juga mampumemotret hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Arab

Downloads

Published

2023-07-27