Responden Masyarakat Kota Batam Terhadap Minat Produk Bank Syariah

Authors

  • Suyono suyono STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh persepsi masyarakat tentang bank syariah terhadap minat menggunakan produkbank Syariah. Bank syariah adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga. Bank Islamatau biasa disebut dengan bank tanpa bunga, adalah lembaga keuangan atau perbankan yang operasional danproduknya dikembangkan berlandaskan pada Al Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Persepsi tentangbanksyari’ah terdiri dari atas 3 tiga variabel, yaitu: persepsi tentang bunga bank, persepsi tentang sistembagi hasil, danpersepsi tentang produk bank syari’ah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel
sebanyak 100 orang masyarakat yang tinggal di kawasan Batam. Metode analisis data yang digunakan dalampenelitian ini model analisis linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pertama, persepsi tentang bunga bank berpengaruh secara positif dan signifikan terhadapminat menggunakan produk bank syariah. Kedua, persepsi tentang sistem bagi hasil berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah. Ketiga, persepsi tentang pengetahuan produkbank syariah tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan produk bank syariah.

Kata Kunci: Produk, Bank Syariah. Bagi Hasil

Downloads

Published

2023-07-27