INTEGRASI SAINS DAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA BATAM

Authors

  • Eri Syahrial STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Penelitian ini memaparkan konsep, bentuk, dan dampak positif integrasi sains dengan agama di

SMP Muhammadiyah Plus Batam. Bentuk integrasi sains dan agama diwujudkan dengan

penggabungan kurikulum nasional dan kurikulum Ismuba (Islam Muhammadiyah dan Bahasa

Arab). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan

studi kasus. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan

penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa konsep integrasi sains dan Ismuba

diwujudkan dalam bentuk bangunan kurikulum yang baku dan diterapkan dalam proses

pendidikan. Dengan integrasi sains dan teknologi berimplikasi pada pendidikan Islam antara lain:

pertama, berimplikasi dalam hal kurikulum SMP Muhammadiyah Plus Batam, mengantarkan

peserta didik agar memiliki hasrat dan kemampuan untuk melakukan penelitian (riset) pada

bidang-bidang sains untuk kemudian menemukan “titik sambungnya” dengan realitas objektif

yang terjadi pada wilayah keagamaan. Kedua, implikasi dalam proses belajar mengajar, guru

mengembangkan imajinasi kreatif. Dan ketiga implikasi dalam aspek pendidikan sosial

keagamaan. Dengan paradigma integratif, menumbuhkan sikap saling menghormati dan

menghargai perbedaan sebuah keyakinan dalam beragama.

Kata Kunci: Integrasi, Agama, Sains, Ismuba

Downloads

Published

2025-05-16