INTEGRASI SAINS DAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA BATAM
Abstract
Penelitian ini memaparkan konsep, bentuk, dan dampak positif integrasi sains dengan agama di
SMP Muhammadiyah Plus Batam. Bentuk integrasi sains dan agama diwujudkan dengan
penggabungan kurikulum nasional dan kurikulum Ismuba (Islam Muhammadiyah dan Bahasa
Arab). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan
studi kasus. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa konsep integrasi sains dan Ismuba
diwujudkan dalam bentuk bangunan kurikulum yang baku dan diterapkan dalam proses
pendidikan. Dengan integrasi sains dan teknologi berimplikasi pada pendidikan Islam antara lain:
pertama, berimplikasi dalam hal kurikulum SMP Muhammadiyah Plus Batam, mengantarkan
peserta didik agar memiliki hasrat dan kemampuan untuk melakukan penelitian (riset) pada
bidang-bidang sains untuk kemudian menemukan “titik sambungnya” dengan realitas objektif
yang terjadi pada wilayah keagamaan. Kedua, implikasi dalam proses belajar mengajar, guru
mengembangkan imajinasi kreatif. Dan ketiga implikasi dalam aspek pendidikan sosial
keagamaan. Dengan paradigma integratif, menumbuhkan sikap saling menghormati dan
menghargai perbedaan sebuah keyakinan dalam beragama.
Kata Kunci: Integrasi, Agama, Sains, Ismuba
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



