KORELASI ANTARA METODE UMMI DALAMPEMBELAJARANAL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARABKELASVIISMPIT ULIL ALBAB

Authors

  • Agustar Gesta Lestari, Suyono, Sulaiman, Ahmad Imam Muzaki, Andre Pratama STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Pada observasi awal penulis lakukan, ada hhubungan antara metode ummi terhadapcaramembaca Al-Qur’an siswa di kelas VII SMP IT Ulil Albab. Akan tetapi dari pembelajaranbahasa Arab nya belom terealisasi dengan baik cara pelafalan kosa kata bahasa Arab siswa sesuai deng makhrij huruf yang telah mereka pelajari pada metode Ummi dalampembelajaranAl-Quran . oleh karena itu penulis ingin melihat ada atau tidak nya korelasi antara penerapanmetode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap pelafalan Mufradat bahasa Arabsiswakelas VII di SMP IT Ulil Albab. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitianlapangan ( field research) dengan pendekatan eskriptif dan kuantitatif . penelitian ini meneliti tentang pengaruh metode ummmi dalam pembelajaran al-Qur’an dengan pelafalan kosakatabahasa Arab siswa kelas VII SMP IT Ulil Albab Bata. Tahun pelajaran 2022/2023. Teknikpengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan: Observasi, Wawancara, dokumentasi. Dari hasil uji analisis dalam penilitian ini adalah ha diterima yaitu ada korelasi dan pengaruhyangsignifikan antara metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap kemampuan bahasaArab siswa kelas VII SMP IT Ulil Albab tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai p hitung a(0,05) serta pengaruh terhadap variable sangat tinggi.

Kata kunci : Korelasi, Metode Ummi, kemampuan Bahasa Arab, SMP IT Ulil Albab

Downloads

Published

2023-12-27