INVESTIGASI PERSEPSI GURU TERHADAP PENILAIAN LEMBAR KERJA SISWA DI SD AL-AZHAR 28 SOLO BARU

Authors

  • Ahamad Imam STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Kajian penelitian ini menekankan pada eksplorasi persepsi guru terhadap penilaian

Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilakukan di SD Al Azhar Solo Baru. Pendekatan

kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi,

angket dan wawancara guru bahasa Inggris. Analisis deskriptif dilakukan untuk

menarik temuan penelitian yang menunjukkan bahwa guru menilai lembar kerja siswa.

Data temuan menunjukkan bentuk teks LKS yang disajikan memiliki kriteria

persentase paling tinggi (high) jika di rata-rata sudah di atas 70%, sedangkan tingkat

batas minimum (49%). Sedangkan persepsi guru menganggap bahwa penilaian LKS

berperan untuk mengevaluasi program pembelajaran siswa, proyek pembelajaran, dan

mengukur sejauh mana kemampuan siswa selama pembelajaran. Sebagian guru

menganggap penilaian LKS ini ditinjau dari sejauh mana kemampuan siswa dan

perlunya keterlibatan orang tua dalam mengoptimalkan mereka belajar di rumah.

Peran sekolah juga memberikan andil yang baik dan selaras, dimana pelaporan hasil

evaluasi LKS merupakan sebuah urgensi yang diharapkan dapat memberikan dampak

baik bagi mutu sekolah, khususnya keberhasilan kurikulum dalam mengatasi

permasalahan pembelajaran.

Kata Kunci

: Persepsi Guru, LKS, Penilaian, Rancang Bangun LKS , Evaluasi

Pembelajaran

Downloads

Published

2024-07-27