INVESTIGASI PERSEPSI GURU TERHADAP PENILAIAN LEMBAR KERJA SISWA DI SD AL-AZHAR 28 SOLO BARU
Abstract
Kajian penelitian ini menekankan pada eksplorasi persepsi guru terhadap penilaian
Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilakukan di SD Al Azhar Solo Baru. Pendekatan
kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi,
angket dan wawancara guru bahasa Inggris. Analisis deskriptif dilakukan untuk
menarik temuan penelitian yang menunjukkan bahwa guru menilai lembar kerja siswa.
Data temuan menunjukkan bentuk teks LKS yang disajikan memiliki kriteria
persentase paling tinggi (high) jika di rata-rata sudah di atas 70%, sedangkan tingkat
batas minimum (49%). Sedangkan persepsi guru menganggap bahwa penilaian LKS
berperan untuk mengevaluasi program pembelajaran siswa, proyek pembelajaran, dan
mengukur sejauh mana kemampuan siswa selama pembelajaran. Sebagian guru
menganggap penilaian LKS ini ditinjau dari sejauh mana kemampuan siswa dan
perlunya keterlibatan orang tua dalam mengoptimalkan mereka belajar di rumah.
Peran sekolah juga memberikan andil yang baik dan selaras, dimana pelaporan hasil
evaluasi LKS merupakan sebuah urgensi yang diharapkan dapat memberikan dampak
baik bagi mutu sekolah, khususnya keberhasilan kurikulum dalam mengatasi
permasalahan pembelajaran.
Kata Kunci
: Persepsi Guru, LKS, Penilaian, Rancang Bangun LKS , Evaluasi
Pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



