Analisis Penggunaan Ssilabus Bahasa Inggris Di LembagaBimbel Neutron
Abstract
Desain silabus merupakan faktor terpenting untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif
di kelas. Khususnya kajian ini mengamati lembaga non formal yaitu bimbel Neutrondi
Sukoharjo. Lembaga ini memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yangmuncul dari masalah atau kesulitan belajar peserta didik. Oleh karena itu, studi ini menyoroti
perbandingan silabus yang diterapkan di Neutron sesuaidengan kurikulumberbasis sekolahdan kurikulum 2013 serta mengidentifikasi peran guru dan peserta didik di dalamnya. Dalampenelitian ini, investigasinya menggunakan metode deskriptif kualitatif yang umumnyadianalisis menggunakan bahasa deskriptif. Data dianalisis dari silabus, dibandingkan dengansilabus umum yang digunakan dalam kurikulum berbasis sekolah dan kurikulum2013, kemudian menguraikannya secara khusus pada mata pembelajaran Bahasa Inggris di
Neutron. Dari hasil data yang ditelaah, Lembaga Neutron menerapkan silabus yang bergunauntuk menentukan suatutujuan, khususnya pada silabus mata pelajaran Bahasa Inggris yangmenerapkan pendekatan struktural. Pada komponen silabusnya menggunakan 6 itemyangmeliputi kompetensi inti, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi
waktu dan sumber belajar. Pada tahap seleksi, Bimbel Neutron menekankan pada materi
Bahasa Inggris yang relevan, seperti bentuk ungkapan sehari-hari, materi bacaan dan struktur
tata bahasa. Ciri-ciri materi pembelajaran mengacu pada proyek pembelajaranberkelanjutan, yang mana pada kelas SMP materinya bersifat luas dan umum serta kosakatanya lebihmudah digunakan, sedangkan materi SMP menguraikan materi yang spesifik dan lebih sulit, dan materi sekolah kejuruan berkaitan dengan materi berdasarkan keterampilandanpembelajaran situasional. Kata Kunci : Silabus, Lembaga Neutron, Materi Ajar Bahasa Inggris, Peran Tutordan Murid
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



