Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ict Terhadap HasilBelajar Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini IainPekalongan
Abstract
Media pembelajaran berbasis ICT sangat dibutuhkan dalam pembelajaran untuk
memperlancar proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh penggunaan media ICT terhadap hasil belajar mahasiswa PIAUD IAINPekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah Experiment one group pre test and
post test dengan pengolahan data melalui aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa mahasiswa yang mendapat perlakuan menggunakan alat bantu belajar ICT
memiliki nilai rata-rata (post-test) 64,25. Sedangkan hasil sebelum dengan perlakuan
menggunakan media ICT hanya memperoleh nilai rata-rata (pretest) sebesar 44,00, sehingga
terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 20,25. Hasil uji hipotesis dari hasil uji t dapat
diketahui bahwa thitung thitung 26.697 > ttabel 2.002, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis
yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan Terdapat pengaruh penggunaan media
ICT terhadap hasil belajar mahasiswa PIAUD IAIN Pekalongan, dengan besar pengaruh
sebesar 46%. Kata kunci: Media Pembelajaran ICT; Hasil Belajar; Mahasiswa PIAUD
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hamka Ilmu Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



