TEKNIK STORYTELLING (BERCERITA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANBERBICARA BAHASA ASING PESERTA DIDIK DI PIAUD RAIDHATUL ILMI

Authors

  • Ahmad Imam Muzaqi STIT Internasional Muhammadiyah Batam Author

Abstract

Berbicara merupakan cara pertama anak-anak untuk berinteraksi denganguru, teman sejawat maupun orang lain. Selain itu, keberhasilan dalambelajar bahasaasing bagi peserta didik pada awalnya bisa ditinjau dari kemampuan berbicara. Namun, hal itu tentu dirasa sulit dilakukan bagi para peserta didik di jenjangusiaanak usia dini, terlebih untuk berbicara bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Ada sebuah Banyak alasan mengapa mereka mengalami kesulitandalamberbicara, seperti kurangnya pemahaman, kurangnya kosa kata untukmengungkapkan gagasan, kurangnya kesempatan untuk berbicara, dankurangnya metode pengajaran yang menarik yang dapat memotivasi merekauntuk berbicara. Oleh karena itu, kajian ini menjawab asumsi-asumsi tersebut
dengan membandingkan salah satu lembaga sekolah usia dini yang telahmenerapkan metode bercerita, yakni PIAUD Raidhatul Ilmi. Penelitianini
merupakan penelitian kualitatif tindakan kelas yang tujuan utamanya adalahuntuk mengetahui ada atau tidaknya teknik bercerita bisa meningkatkankemampuan bahasa asing. Subyek penelitian ini adalah beberapa gurudanpeserta didik PIAUD Raidhatul Ilmi yang berjumlah 23 peserta didik tahundari
2022/2023. Data dari penelitian diperoleh dari observasi dan tes berbicara. Hasilnya menunjukkan ada sebuah peningkatan pada peserta didikuntukmeningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan metode bercerita. Bercerita mampu meningkatkan kemampuan mereka dari sudut pemahaman, kelancaran, kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan.

Kata Kunci : Teknik bercerita, kemampuan berbicara, pembelajaran bahasa

Downloads

Published

2023-07-27